Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Rabu

ANAKKU SUKA MENCURI, BAGAIMANA INI?

        Anak kita rajin mengerjakan PR dan selalu tepat waktu. Dia juga suka membantu membersihkan meja setelah makan malam. Bahkan, membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga saat libur. Namun,masalahnya, ia suka mencuri, mengutil. Kebiasaan ini, jika dibiarkan akan menjadi kepribadian di saat dewasa. Hal itu tentunya sebuah masalah yang besar.

        Ketika orang tua mengetahui anaknya suka mencuri, ada baiknya diajarkan dan dipahamkan kepada anak itu tentang mencuri, serta bagaimana larangan dan hukuman Allah Swt. Misalnya firman Allah Swt:

        "Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri,potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Mahaperkasa lagi Mahanijaksana". (al-Maidah: 38)

        Jika anak yang mencuri itu sudah dewasa, sebaiknya orang tua semakin bersikap tegas, dengan menyampaikan sabda Rasulullah Saw, misalnya:

        "Wahai manusia, sesungguhnya yang menghancurkan orang-orang sebelum kalian adalah apabila ada orang terhormat mencuri, maka mereka membiarkannya. Apabila yang lemah mencuri, maka mereka menegakkan had atasnya. Demi Allah, seandainya Fathimah, putri Muhammad, mencuri, niscaya aku akan memotong tangannya". (HR.ath-Thabarani)

        Bukan berarti kita harus memotong tangan anak kita yang sudah dewasa karena kepergok mencuri. Namun, sanksi dan hukuman yang kita tetapkan haruslah tegas. Sebab, anak yang sudah dewasa seharusnya lebih mengerti dan orang tua pun tidak bisa menyikapinya seperti anak yangmasih kecil.