Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Rabu

APA YANG HARUS AKU AJARKAN KEPADA ANAKKU PERTAMA-TAMA?

        Anak harus menjadi perhatian semua orang tua. Tidak hanya disediakan segala keperluannya yang bersifat materi, tapi pendidikannya juga harus diperhatikan. Bagaimana dan apa yang harus diajarkan oleh orang tua?
Setiap orang tua pastinya menginginkan anaknya menjadi insan yang saleh dan berpendidikan.

        Sekarang permasalahannya adalah "Bagaimana cara mendidik anak agar menjadi baik? Ibaratnya, anak adalah kertas putih yang bisa dilukisi apa saja. Keteladanan dari orang tua adalah hal yang utama. Bukan hanya memerintah dan menyalahkan. Dari sekian banyak hal yang harus diajarkan kepada anak, yang harus diperhatikan dan sangat penting dalam kehidupan anak adalah pendidikan akidah, pendidikan rukun iman, pendidikan ibadah, dan akhlak. Allah Swt berfirman dalam Al-Qur'an:

        "Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada ilah (sembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki, dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal". (Muhammad: 19)

        Selain itu, setiap anak Muslim hendaknya diajari untuk selalu berakhlak baik, seperti ihsan, amanah, ikhlas, sabar, jujur, tawaduk, malu, saling menasihati, adil, membangun silaturahim, menepati janji, mendahulukan kepentingan orang lain, dan pemaaf. Akhlak yang baik merupakan sesuatu yang mendasar dalam ajaran Islam. Sebaik-baik contoh dalam hal ini adalah firman Allah Swt tentang akhlak Rasulullah Saw:

        "Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung". (al-Qalam: 4).

        Rasulullah sendiri juga pernah bersabda dalam sebuah hadis masyhur, yang artinya,"Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak mulia". (HR. Bukhari)

        Dahulu, Ibnu Qayyim pernah mengingatkan kepada para orang tua dengan perkataannya, "Betapa banyak orang tua yang mencelakakan anaknya, buah hatinya, di dunia dan akhirat, akibat kesembronoan dan meninggalkan pengajaran akhlak, serta memenuhi kepuasan dan keinginan anaknya saja. Orang tua berangapan telah memuliakan anaknya, padahal sesunguhnya dia sedang menghinakannya. Sepintas terlihat orang tua itu sayang kepada anaknya, tetapi sebenarnya menzaliminya".

        Kini pun kita sering menyaksikan, orang tua menuruti segala keinginan anaknya, meskipun sebenarnya belum menjadi kebutuhannya. Misalnya, membelikan sepeda motor, mobil ,handphone, dan sebagaiya, padahl anaknya belum membutuhkan itu semua. Kita pun sering tidak memberikan uswah (teladan) yang baik kepada mereka. Kita sering bertengkar di hadapan mereka, tidak mengawasi anak, terlalu over protektif, dan kesalahan-kesalahan lainnya mendidik anak.