Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

BUTUH MODAL UNTUK BERBISNIS?

        Judul di atas seperti iklan-iklan yang bertebaran di mana-mana, kan? Sayangnya, ini bukan iklan, tetapi masalah yang  kadang dihadapi oleh sebagian keluarga yang sudah memunyai usaha, lalu ingin mengembangkannya. Atau, karena sedang mengalami kerugian dan sebagainya. Seperti yang dialami keluarga Boby yang harus menutup sebuah tokonya karena kehabisan dana, sehingga usahanya tidak berjalan lagi.

        Boby kemudian berpikir untuk mencari pinjaman. Awalnya, Boby berhutang kepada temannya yang sekarang ,menjadi salah satu manajer marketing di sebuah perusahaan di kota Gresik. Sekarang, tanggungan hutang Boby sudah cukup banyak, tapi dia masih membutuhkan dana yang lebih besar. Boby pun akhirnya meminjam modal ke salah satu bank dengan modal dan margin bunga yang flat sebesar 2%.

        Mencari rezeki adalah kewajiban, bahkan kalau perlu keluar dari kota, atau bahkan ke tempat yang lebih jauh lagi. Sebab, bumi dan segala yang ada di permukaannya adalah ciptaan Allah Swt yang diperintahkan untuk mengekplorasinya. Begitu juga Allah Swt menjadikan siang dan malam. Allah Swt menegaskan hal itu dalam firman-Nya:

        "Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia dari Rabbmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas". (al-Isra': 12)

        Rasulullah Saw juga menyabdakan bahwa pintu masuk rezeki diberikan Allah Swt di dalam perniagaan dan perdagangan. Rasulullah Saw bersada:

        "Sembilan dari persepuluh rezeki itu berada di dalam perdagangan (bisnis)". (HR. Abu Ubaid)

        Daam riwayat lain, Rasulullah Saw bersabda:
        
        "Dan ketahuilah bahwa pertolongan Allah ada di dalam perdagangan yang baik". (HR. ath-Thabarani)

        Namun, ada baiknya mempertimbangkan secara matang tentang keuntungan dan kerugiannya, seandainya ingin melakukan pengembangan usaha melalui peminjaman dana atau modal yang mengandung unsur riba. Sebab, itu diharamkan oleh Allah Swt. Selain itu, pernyataan Al-Qur'an tentang riba juga perlu diperhatikan:

        "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa". (al-Baqarah: 276)

        Tentunya, kita dan siapa pun tidak ada yang menginginkan bisnis dan usahanya dimusnahkan oleh Allah Swt karena ada riba di dalamnya, bukan? Sebagai gantinya, ada baiknya bekerja sama dengan pemegang modal dan membuat akad murabahah atau mudharabah secara baik, di mana keuntungan dan kerugian menjadi sesuatu yang fleksibel sesuai realita dan tidak ada ketentuan yang merugikan salah satu pihak.