Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

MUSYAWARAH SOLUSI TERBAIK MEMECAHKAN MASALAH

        Kata bijak dari khalifah kedua, Umar bin Khaththab ra,"Janganlah kau berbicara dalam masalah yang bukan menjadi perhatianmu. Kenalilah musuhmu dan waspadalah dengan sahabatmu, kecuali yang amanah. Tidak ada kawan yang amanah, kecuali yang takut kepada Allah Swt. Jangan berteman dengan orang yang jahat yang akibatnya kamu ikuti kejahatannya. Jangan kau beberkan rahasiamu. Jangan kamu meminta pendapat, kecuali hanya kepada orang-orang yang takut kepada Allah Swt.

        Musyawarah memang salah satu kunci untuk memecahkan masalah. Karena dengan musyawarah, kita akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Ibarat rumah yang bocor, kita sebagai penghuninya, dapat merasakan dan melihat air bocoran itu masuk ke dalam rumah kita. Namun, untuk memperbaiki atap rumah yang bocor itu, seseorang harus keluar dari rumah dan melihatnya, lalu memperbaikinya dari luar.

        Begitu juga dengan orang yang meminta pendapat kepada orang lain di luar sana dengan cara bermusyawarah. Ketika meminta pendapat dengan bermusyawarah, sesungguhnya kita ingin melihat permasalahan kita dari bagian luarnya.

        Meskipun demikian, tetap harus mempertimbangkan siapa orang yang pantas kita ajak bermusyawarah dan kita minta masukannya. Menurut Michael Stevens, beberapa masalah memang lebih mudah untuk diselesaikan dengan berkolaborasi. Terutama masalah-masalah yang membutuhkan kesepakatan lain. Masalah-masalah seperti itu jauh lebih mudah dipecahkan dengan cara bermusyawarah.

        Kita pun mendapat legalisasi kunci pemecah masalah ini dari firman Allah Swt.berikut ini.

        "Sedang mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka". (asy-Syura: 38)

        Urusan dan masalah yang melibatkan orang banyak, mereka musyawarahkan dengan yang lain. Rasulullah Saw dan para sahabat generasi awal, sudah mempraktikkan dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah kemasyarakatan dan keislaman yang mereka hadapi. Hasilnya pun dapat kita buktikan dengan posisi nomor satu sebagai manusia tersukses dan paling berpengaruh dunia sepanjang sejarah, beliaulah Rasulullah, Muhammad Saw.

        Terakhir yang tak boleh dilupakan juga adalah Allah Swt. Meminta pendapat kepada orang lain, sebanyak apa pun pengalaman dan pengetahuannya dalam memberikan masukan untuk memecahkan masalah kita, tapi tak ada yang dapat membuka catatan qadha dan qadar Allah yang tertulis di dapat Lauhul Mahfuzh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meminta petunjuk dan pendapat Allah Swt melalui shalat istikharah.