Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Minggu

MENGAPA AKU SELALU GAGAL MERAIH APA YANG AKU IMPIKAN?

        Tsuwaibah adalah seorang perempuan yang dahulu bercita-cita menjadi seorang guru. Banyak hal mendorongnya ingin menjadi seorang guru. Salah satunya adalah karena guru merupakan salah seorang yang amal pahalanya terus mengalir di saat jasadnya sudah dikebumikan di dalam tanah. Namun, Tsuwaibah kini hanyalah seorang perempuan yang sehari- harinya bekerja sebagai buruh panggul di pasar ikan dan palawija di ujung kota tempat tinggalnya.

        Di sekitar kita banyak orang mengalami kegagalan yang mirip dengan yang dialami oleh Tsuwaibah. Banyak faktor yang menyebabkan seorang gagal menggapai cita-cita yang diinginkannya. Sebut saja misalnya, masa lalu yang selalu membayangi seseorang.

        Tsuwaibah memang anak buruh panggul. Barangkali itulah yang membayang-bayanginya sehingga dirinya tidak serius mengejar cita-citanya, cemas dan takut sebelum memulai dan melakukannya, dan tidak sampai tuntas, terlebih lagi ketika menghadapi kendala, serta malas di tengah-tengah proses mengejar cita-cita. Itulah beberapa faktor penyebab kegagalannya.

        Bagaimana seseorang yang memunyai cita-cita tinggi boleh bermalas-malasan, padahal Allah Swt sendiri menyindir orang-orang yang mengerjakan shalat dalam keadaan malas. Allah Swt berfirman:

        "Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya' (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka mengingat Allah kecuali sedikit sekali". (an-Nisa)

        Kiat-kiat yang dibrikan Al-Qur'an agar seseorang dapat mencapai kesuksesan antara lain fokus dan serius. Dalam istilah Al-Qur'an, harus memunyai azam (niat kuat yang bulat). Allah Swt berfirman:

        "…Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya".(Ali-Imran: 159)

        Az-Zamakhasyari di dalam kitab Tafsirnya mengatakan, "Maksudnya adalah, apabila kamu sudah mantap untuk sebuah niat dalam melakukan sesuatu. Orang yang sukses adalah orang yang dipermulaannya memunyai niat yang kuat. Selain itu, orang yang ingin menggapai cita-cita, harus yakin dan percaya bahwa Allah Swt akan membantunya meraih cita-cita tersebut. Keyakinan adalah modal utama untuk mendapatkan apa pun yang Anda inginkan. Segala sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin dalam hidup ini, seringkali hanya karena belum pernah dicoba".

        Itulah mengapa di dalam Al-Qur'an, Allah Swt sering menggantungkan petunjuk dan hidayah-Nya pada (kepercayaan). Al-Qur'an bisa menjadi petunjuk, obat penyembuh, dan bagi orang-orang yang beriman. Artinya, seseorang harus yakin terlebih dahulu kepada Al-Qur'an. Tanpa keyakinan, maka petunjuk dan keberhasilan itu menjadi sesuatu yang tidak memunyai landasan atau pondasi.

        Usahakan selalu bermusyawarah dan memohon petunjuk melalui shalat istikharah setiap kali akan mengambil tindakan atau keputusan. Dengan menyebut nama Allah Swt dan bertawakal kepada-Nya, seseorang harus memulai sejak saat ini juga. Karena pada dasarnya, orang sukses bukanlah mereka yang hanya berkhayal di dunia mimpi saja.