Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Senin

PASANGANKU BERSELINGKUH, BAGAIMANA INI?

        Berselingkuh adalah sikap suka menyembunyikan sesuatu untuk kepntingan sendiri, atau mulai tidak berterus terang. Syafii adalah seorang suami yang mengkhianati istrinya dengan berselingkuh. Perselingkuhannya terdengar oleh tetangga-tetangganya, tapi istrinya tidak pernah mau mendengar desas-desus itu. Dalm pandangan Inayah, Syafii adalah suami yang jujur dan selalu berterus terang dengan segala keinginan dan masalahnya.

        Kali ini, Inayah benar-benar dibuat shock dengan ulah suaminya yang kepergok membawa Ichayuni ke rumahnya, bahkan ke kamar tidur yang biasa digunakan berdua dengan Syafii. Dengan mata kepal mata kepala sendiri, Inayah melihat Ichayuni keluar dari dalam kamar suaminya. Seketika itu, Inayah meminta kepada Syafii untuk diceraikan, karena alasan perzinaan yang dilakukan Syafii bersama Ichayuni.

        Ada hal perlu diluruskan. Inayah meminta cerai boleh-boleh saja, karena itu hak dia sebagai istri. Namun, tuduhnya kepada suaminya bahwa dia telah berzina, ini perlu  diklarifikasi. Firman Allah Swt dalm Al-Qur'an:

        "Dan orang-orang yang menuduh istrinya (berzina), padahal mereka tidak memunyai saksi-saksi selain diri mereka sendiri, maka persaksian orang itu ialah empat kali bersumpah dengan nama Allah, sesungguhnya dia adalah termasuk orang-orang yang benar. Dan (sumpah) yang kelima bahwa laknat Allah atasnya, jika dia termasuk orang-orang yang berdusta. Istrinya itu dihindarkan dari hukuman, oleh sumpahnya empat kali atas nama Allah, sesungguhnya suaminya itu benar-benar termasuk orang-orang yang dusta. Dan (sumah) yang kelima bahwa laknat Allah atasnya, jika suaminya itu termasuk orang-orang yang benar". (an-Nur: 6-9)

        Dengan begitu, pasangan yang menuduh pasangannya berzina, ada solusinya, yaitu dengan sumpah lian (saling melaknat). Apabila tidak saling melakukan sumpah lian, maka yang menuduh pasangan berzina akan mendapatkan hukuman. Dengan jatuhnya sumpah lian dari kedua belah pihak (suami istri), maka hubungan pernikahan mereka terputus dengan sendirinya. 
Dengan demikian, perselingkuhan di antara suami istri harus diselesaikan dan diklarifikasi terlebih dahulu.

        Apabila pasangan suami istri yang sudah saling menuduh berzina itu tidak berkenan melakukan lian, maka ada dua kemungkinan, yaitu hukuman rajam kepada yang dituduh berzina, karena sudah muhshan (sudah pernah menikah dalam pernikahan yang sah), atau bisa jadi yang menuduh berzina terkena hukuman qadzaf (menuduh berzina), yaitu berupa hukuman cambuk delapan puluh kali, sebagaimana firman Allah Swt berikut ini.

        "Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera dan jangan kamu terima kesaksian mereka buat selama-selamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik". (an-Nur: 4)

        Ringkasnya, jika pasangan suami istri melihat pasangannya berselingkuh dengan orang lain, baik yang berselingkuh suami atau istri, maka tuduhan berselingkuh sebaiknya tidak diucapkan dengan 'berzina' dan bersetubuh. Karena jika sudah munuduh berzina atau bersetubuh, maka pilihannya hanya ada dua. Pertama, lian (saling bersumpah laknat) kemudian ikatan pernikahan terputus. Kedua, hukuman cambuk kepada yang menuduh dan hukuman rajam kepada yang dituduh. Na'udzu billahi min dzalik