Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Rabu

2 KUNCI SUKSES YANG DI JAMIN ALLAH

        Kunci 2S, yaitu sabar dan shalat, adalah kunci yang seringkali tidak disadari. Kunci ini lebih manjur dibandingkan gelar S2 atau bahkan S3 (gelar doktor atau yang sederajat). Orang yang lulusan SD (sekolah dasar) dengan 2S (sabar dan shalat), dapat mengalahkan dan jauh mengungguli yang bergelar S2 atau S3 tanpa 2S (sabar dan shalat).


        Ibarat balapan lari antara kura-kura dan kelinci. Kura-kura dengan kesabaran serta shalat, mampu lebih cepat mencapai garis finish dibandingkan kelinci yang tidak memiliki kesabaran dan shalat. Mari kembali kita dengarkan firman Allah Swt yang menyeru manusia.

        "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk". (al-Baqarah: 45)

        Sabar adalah tahan mengahadapi cobaan, tidak lekas marah, putus asa, maupun patah hati. maksud ayat di atas adalah perintah untuk meninggalkan kesenangan-kesenangan dunia dan melaksanakan hal-hal yang berat bagi hati kita, dengan menjalankan Islam secara keseluruhan. Ayat itu juga menyeru kepada shalat yang dapat menghalangi seseorang dari kemungkaran dan perbuatan keji.

        Baiklah, kita sudah sering mendengar kata sabar. Setiap kali mendapat musibah, pasti kata yang kita dengarkan adalah, "Sabar, ya … orang sabar kekasih Allah Swt", dan sejenisnya. Lalu, bagaimana dengan shalat? Apa hubungan antara shalat dengan pemecahan masalah? Bagaimana shalat dapat memecahkan masalah? Coba kita perhatikan kembali ibadah shalat dengan sasama.

        Shalat dianggap sebagai kunci penyelesaian masalah karena shalat memuat berbagai macam ibadah dan penghambaan kepada Allah Swt, baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Bukankah orang yang hendak shalat harus bersih dan suci, menutup kekurangan-kekurangannya berupa auratnya, menyediakan uang untuk membeli pakaian yang digunakan dalam shalat, berkonsentrasi dan menghadap Kakbah, tenang dan khidmat, hati dan niat harus dipasang, bermunajat kepada Rabb, membaca Al-Qur'an, membaca syahadat dan seterusnya?

        Hal-hal tersebut jika dapat diterjemahkan ke dalam sikap dan tindakan dalam menghadapi masalah-masalah hidup, maka seseorang akan dapat menyelesaikan permasalahan hidupnya satu per satu dengan mudah dan baik.
Saat seorang melaksanakan shalat, seharusnya dia dapat mencapai ketenangan bati dan jiwa. Mengenai shalat, Rasulullah Saw pernah bersabda, yang artinya, "Wahai Bilal, tenangkanlah kami dengan shalat".

        Salah satu shalat yang sangat relevan di saat seseorang manghadapi masalah adalah shalat Hajat(shalat untuk memohon agar kebutuhannya dipenuhi oleh Allah Swt). Dengan shalat Hajat, seseorang dapat menumpahkan segala kegelisahan akibat permasalahan yang sedang dihadapinya, kepada Allah Swt.

        Kunci shalat untuk memecahkan masalah, menurut Imam al-Baidhawi ketika menafsirkan ayat di atas, dapat dipahami sebagai doa. Dengan demikian, yang dimaksud adalah shalat merupakan salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah Swt sebagaimana dijelaskan sebelumnya.