Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

SEMUA KEBUTUHAH TERCUKUPI KARENA BERTAQWA KEPADA ALLAH

        Taqarrub arti aslinya adalah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sederhananya, taqarrub adalah bertakwa kepada Allah Swt.

        Suatu hari, sahabat dekat Rasulullah Saw yang bernama Abu Dzar al-Ghifari bercerita: Rasulullah Saw pernah membacakan kepadaku sebuah ayat yang beliau ulang berkali-kali hingga aku mengantuk. Kemudian Rasulullah Saw bersabda kepadaku, yang artinya,"Hai Abu Dzar, seandainya seluruh manusia bisa mengambil dan mengamalkan ayat itu, niscaya sudah dapat mencukupinya".

        Kemudian beliau berssabda lagi, "Hai Abu Dzar, apa yang akan engkau lakukan jika engkau diusir dari kota Madinah?"Aku akan pergi ke tempat yang banyak rezekinya dan tenang, lalu menjadi salah satu merpati di antara merpati kota Makkah". Jawab Abu Dzar.

        Rasulullah Saw bertanya lagi kepadanya, "Bagaimana jika engkau diusir juga dari Makkah?" Abu Dzar menjawab,"Aku akan pergi ke tempat yang banyak rezekinya dan menenangkan, yakni pergi ke Syam dan wilayah Baitul Maqdis". Rasulullah bertanya kembali,"Bagaimana jika engkau ternyata diusir dari tempat itu juga?" Kali ini Abu Dzar menjawab,"Aku akan menghunus pedangku dan melawannya". (HR. Ibnu Hibban)

        Saudaraku, tahukah kalian, ayat apakah yang dimaksud Rasulullah Saw? sebuah ayat Al-Qur'an yang jika manusia dapat mengambilnya, memahaminya, dan mengaplikasikannya saat menghadapi semua masalah dalam kehidupan ini, niscaya akan mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan. Ayat itu tak lain adalah firman Allah Swt berikut ini.

        "….Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka…." (ath-Thalaq: 2-3)

        Abu Thalib al-Makki dalam kitab Qutul Qulub menuliskan: "Jalan keluar dari segala urusan yang membuat manusia sempit hati serta masalah kehidupan yang datang dan melilit, adalah mendekatkan diri kepada Allah. Ini merupakan kunci yang harus dipegang. Mendekatkan diri pertama-tama dilakukan dengan memperbanyak istighfar kepada Allah Swt dengan merendahkan segenap jiwa dan hati dan memohon ampunan kepada Allah Swt.

        Rasulullah Saw sendiri pernah bersabda dalam sebuah hadis:

        "Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan menjadikan untuknya kelapangan dari setiap kesempitan dan jalan keluar dari setiap kesempitan serta menganugrahinya rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka".(HR.al-Hakim dan lain-lain)

        Istighfar, kemudian disusul dengan doa kepada Allah agar diberi kemudahan dan solusinya. Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah Saw dalam menghadapi masalah adalah:

        "Ya hayyu ya qayyum, bi rahmatika astaghitsu".

        "Wahai Yang Mahahidup dan Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu, aku meminta pertolongan". (HR. al-Baihaqi). Ali bin Abi Thalib ra menceritakan, bahwa sewaktu Perang Badar, doa inilah yang selalu dibaca Rasulullah Saw di saat-saat genting yang menentukan itu.