Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Minggu

TELADAN TENTANG AMANAT

        Suatu saat Rasulullah saw.bercerita di hadapan para sahabat tentang dua peristiwa. Peristiwa yang pertama sudah diketahui (oleh salah seorang sahabat) dan peristiwa yang kedua ditunggu ceritanya.

        Adapun yang pertama adalah beliau menceritakan kepada kami behwasanya amanat itu datang ke dalam lubuk hati orang-orang, kemudian turunlah Al-Qur'an, maka mereka mau mempelajari Al-Qur'an dan juga mereka mau mempelajari As-Sunnah.

        Kemudian yang kedua yaitu bahwasanya beliau menceritakan tentang dicabutnya amanat, di mana beliau bersabda,

        "Seseorang sedang tidur kemudian tercabutlah amanat itu dari hatinya, maka hanya tinggal bersisa sedikit saja, kemudian ia tidur lagi maka tercabut pula sisa amanat itu dan yang ada hanya bekasnya seperti bekas kepalan, yaitu seperti bara api yang terinjak oleh kakimu, maka timbullah bengkak dan kamu melihat bahwa di situ tidak ada apa-apanya".

        Beliau lantas mengambil batu kecil diinjaknya dengan kaki beliau. Maka orang-orang yang berjual-beli itu hampir tidak ada satupun yang menunaikan amanat sehingga dikatakan bahwa di Fulan adalah seseorang yang dapat dipercaya sehingga di Fulan itu dipuji,"Alangkah sabarnya, alangkah cerdiknya dan alangkah pandainya",padahal dalam hatinya tidak ada sedikitpun rasa iman walaupun sebesar biji sawi.

        Sungguh telah datang kepadaku suatu masa di mana saya tidak akan memperdulikan siapakah yang masih dapat dipercaya; seandainya ia seorang muslim, maka ia pasti akan menunaikan amanat kepadaku karena agamanya, dan seandainya ia orang Nasrani atau Yahudi, maka ia akan menunaikan amanat kepadaku karena usaha (perdagangan)nya itu. Jadi sekarang saya tidak mempercayai dengan sepenuh hati kepada kamu sekalian, kecuali si Fulan dan si Fulan". (HR. Bukhari dan Muslim dari HudzIFh bin Al-Yaman)