Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Senin

PIDATO TERAKHIR SEBELUM WAFAT

        Suatu hari Umar bin Abdul Azizi menyampaikan ceramah di hadapan orang-orang, dan ini merupakan pidatonya yang terakhir.

        Setelah memuji Allah, dia berkata,"Wahai semua manusia, sesungguhnya kalian tidak diciptakan untuk main-main dan kalian tidak dibiarkan begitu saja secara sia-sia. Sesungguhnya kalian memiliki tempat kembali pada hari kiamat. Allah turun saat itu untuk mengadili di antara kalian dan menghukumi secara adil di antara kalian.

        Celaka dan merugilah seorang hamba yang dikeluarkan Allah dari rahmat-Nya, yang diharamkan atas dirinya surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Tidakkah kalian tahu bahwa tidak ada yang selamat kecuali orang yang tidak takut pada hari itu, yang menjual fana dengan yang kekal, yang sedikit dengan yang banyak, ketakutan dengan keamanan? Tidakkah kalian tahu bahwa kalian berasal dari tulang sulbi orang-orang yang binasa, dan sesudah kalian akan muncul orang-orang yang hidup lagi, hingga kalian dikembalikan kepada sebaik-baik para pewaris? Kemudian kalian setiap hari pada setiap pagi dan petang hari dikembalikan kepada Allah, sementara ajalnya sudah berakhir hingga mereka menelentangkannya di perut bumi, di suatu tempat tanpa ada bantal dan tikar, berpisah dengan orang-orang yang dicintai, berkemul tanah sambil membawa amalnya, tidak memerlukan hal-hal yang ditinggalkannya? Takutlah kepada Allah sebelum datang perjanjian dengan-Nya dan sebelum tiba kematian kepada kalian"

        Setelah itu, Umar bin Abdul Aziz memungut ujung sorbannya untuk mengusap air matanya. Dia menangis dan membuat orang-orang yang mendengarkannya ikut menangis. (Dikutip dari Cahaya AL-Quran, Muhammad Ali Ash-Shabuny)