Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

GEOGRAFI

                Para pedangang muslim antara abad ke-7 dan ke-9 telah berhasil mencapai daratan Cina di sebelah timur melalui jalan darat dan laut, mencapai kepulauan Zanzibar dan pantai-pantai terjauh Afrika di sebelah selatan, menembus Rusia di sebelah utara dan tertahan di sebelah barat hanya oleh perairan yang menakutkan, "Lautan Gelap' (Atlantik). Sulayman al-Tajir (saudagar kaya) dari Siraf di Teluk Persia, yang kisah perjalanannya ke Timur Jauh dicatat oleh penulis anonim pada 851, memberikan gambaran tentang negeri Cina dan daerah pesisir India.

                Sulayman melaporkan bahwa orang Cina telah menggunakan sidik jari/cap kempol sebagai tanda tangan. Dari kisah ini berkembang kisah-kisah lain seputar Sindad, Sang  Pelaut. Kisah paling awal tentang Rusia yang bisa dipercaya adalah yang diriwayatkan oleh Ahmad ibn  Fadlan ibn Hammad yang dikirim pada 921 oleh al-Muqtadir untuk menemui raja Bulgaria, yang tinggal di Volga. Kebanyakan catatan perjalanannya dimasukkan ke dalam kamus geografi monumental karya Yaqut, Mu'jam al-Buldan. Al-Mas'udi menyebut para pedagang muslim dari kalangan al-Dir, suku Slavia—kemungkinan dekat Priper, sebagai upeti Dnieper.

                Khwarizmi menyusun karyanya, surah al=Ardh (Gambar/Peta Bumi) yang menjadi acuan bagi karya-karya berikutnya dan berhasil menggairahkan kajian geografi dan risalah geografi yang orisinal. Karya al-Khawarizmi disertai dengan "gambar bumi" sebuah peta yang dibuat dengan dibantu oleg 69 sarjana lainnya atas perintah al-Ma'mun peta bumi dan angkasa luar pertama dalam sejarah Islam. Al-Mas'udi, yang hidup pada paruh pertama abad ke-10 merajuk pada peta itu ketika menulis karya-karyanya. Pengaruh ilmu geografi al-Khawarizmi tampak pada beberapa penulis muslim hingga abad ke-14 seperti yang terlihat dari tulisan Abu al-Fida.