Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Sabtu

HADIST

                Bidang kajian berikutnya adalah hadist (sunnah) yaitu perilaku, ucapan dan persetujuan (taqrir) Nabi, yang kemudian menjadi sumber ajaran paling penting. Awalnya hanya diriwayatkan dari mulut ke mulut, hadist Nabi kemudian direkam dalam bentuk tulisan pada abad kedua Hijriyah. Oleh karena itu, hadist didefinisikan sebagai catatan perilaku atau perkataan Nabi. Dalam pengertian yang lebih umum, hadist juga didefinisikan sebagai catatan perilaku atau perkataan para Sahabat atau Tabiin.

                Selama du setengah abad pertama setelah Nabi Muhammad wafat, catatan tentang perkataan dan perilakunya terus bertambah. Secara umum, hadist-hadist yang diriwayatkan oleh orang Madinah orang Kufah, namun tidak semua perawi bisa dipercaya. Abu Hurayrah misalnya sebagai seorang sahabat Nabi dan perawi hadist paling bersemangat, dikabarkan telah meriwayatkan sekitar 5.374 hadist yang banyak dinisbatkan kepadanya setelah meninggal. 'Aisyah meriwayatkan 2.210 hadist, Anas ibn Malik 2.286 hadist dan Abdullah ibn Umar bn al-Khaththab 1.630 hadist. Setiap hadist yang sempurna terdiri atas dua bagian: rangkaian perawi (Isnad) dan naskah hadist (matn).

                Abad ke-3 Hijriyah menyaksikan penyusunan enam kitab hadist yang sejak saat itu menjadi kitab hadist standar. Dari "enam kitab hadist" itu, yang paling pertama dan otoritas adalah dihimpun oleh Muhammad ibn Ismail al-Bukhari (810-870). Al-Bukhari adalah  seorang ketua Persia, memilih 7.397 dari 600.000 hadist yang ia peroleh  dari 1000 guru dalam rentang waktu 16 tahun perjalanan dan kerja kerasnya di Persia, Suriah, Hijaz dan Mesir. Hadist itu ia kelompokkan berdasarkan tema, seperti shalat, ibadh  haji dan perang suci. Setelah Al-Qur'an kitab hadist ini memengaruhi pola pikir orang Islam.

                Setelah kitab hadist al-Bukhari yang menempati posisi kedua adalah karya Muslim ibn al-Hajjaj (w.875) dari Naisabur. Sebuah karya yang memiliki judul serupa, al-Shahih kumpulan hadist asli. Hadist yang terdapat dalam Shahih Muslim juga hampir sama dengan hadist dalam kitab al-Bukhari meskipun sanad yang berbeda. Setelah kedua koleksi hadist tersebut selanjutnya diikuti oleh empat koleksi hadist lain adalah Sunan Abu Dawud dari Bashrah (w.892), Sunan Jami' al-Tirmidzi (w.-/+ 892), Sunan ibn majah dari Qaswin (w.886) dan Sunan al-Nasa'i yang meninggal di Mekah pada 915.

                Hadist di samping menambahkan dan menjelaskan isi Al-Qur'an,  juga memuat tentang ajaran dan teladan Nabi yang meliputi keseluruhan gerak dan  perilakunya. Persoalan remeh sekalipun, seperti cara terbaik memotong semangka atau membersihkan gigi dengan tusuk gigi tercakup dalam penelitian para ahli hadist. Dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dengan otoritas Abu Hurayrah yang banyak meriwayatkan ungkapan mutiara diriwayatkan bahwa Muhammad pernah memuji "seseorang yang menafkahkan hartanya diam-diam sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kananya"