Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Rabu

METODE TEMATIS

                Abu al-Hasan 'Ali al-Mas'udi di kalangan bangsa Arab dijuluki "Herodotus bangsa Arab" dimana telah memprakarsi metode tematis dalam penulisan sejarah. Beliau tidak mengelompokkan peristiwa berdasarkan ahun ke jadian melainkan mengelompokkan berdasarkan dinasti, raja dan masyarakatnya. Metode ini yang kemudian disukai oleh Ibn Khaldun dan sejarawan lainnya. Ia juga orang pertama yang mengunakan anekdot sejarah.

                Al-Mas'udi menganut madzab rasionalis muktazilah, ia telah melakukan aktivitas yang lazim dilakukan  aktivias yang lazim dilakukan oleh para sarjana pada masanya yaitu "berkelana mencari ilmu" yang membawanya dari Baghdad ke hampir semua negeri di Asia bahkan hingga ke Zanzibar. Dekade hidupnya ia  habiskan di Suriah dan Mesir untuk menulis 30 jilid buku yang berjudul Muraj al-Dhahab wa Ma'adin al-Jawhari (Padang Emas dan Tambang Batu Mulia). Dalam karya geografis-historis bergaya ensiklopedia ini penulis telah menuangkan berbagai penelitian di luar tema yang umumnya ditulis oleh sejarawan muslim seperti sejarah Indo-Persia, Romawi dan Yahudi. Pada bagian awal ia menulikan bahwa daerah-daerah yang sekarang tandus sebelumnya adalah lautan dan yang sekarang lautan sebelumnya adalah daerah tandus—semua terjadi akibat kekuatan alam. Sebelum meninggal di Fushihat pada 957, al-Mas'udi menyimpulkan pemikirannya tentang filsafat sejarah, alam dan tentang berbagai pendapat para filosof yang berkembang saat itu seputar tingkatan mineral, tumbuhan dan hewan dalam al-tanbih wa al-Isyraf yang mirip dengan pendapat Pliny. Penulisan sejarah mengalami puncaknya pada masa al-Thabari dan al-Mas'udi dan mengalami kemunduran pada dinasti setelah masa Miskawayh (w.1030)

                'Izz al-Bin ibn al-Atsir (w.1160-1234) meringkas karya al-Thabari dalam buku  sejarahnya yang berjudul  al-Kamil al-Tarikh (Buku Lengkap Sejarah) meneruskan berbagai peristiwa sejarah hingga 1231. Penulisan sejarah periode Perang Salib merupakan salah  satu kontribusinya yang orisinal. Ibn al-Atsir menghasilkan karya penting lain Usd al-Ghabah (Singa di Rerimbunan) yang menghimpun 7500 biografi para sahabat. Teman sezamannya, Sibth ibn al-Jawzi (1186-1257) yang hidup di Baghdad dan anak seorang budak Turki menulis beberapa karya, di antaranya Mir'at al-zaman fi tarikh al-Ayyam, sejarah dunia dari masa penciptaan hingga 1256.