Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Sabtu

RISALAH MUTIARA HIKMAH

                Harmonisasi antara filsafat Yunani dengan Islam yang dimulai oleh al-Kindi seorang keturunan Arab dilanjutkan oleh al-Farabi, seorang keturunan Turki dan disempurnakan di dunia Timur oleh Ibn Sina, seorang keturunan Suriah. Nama lengkapnya Muhammad ibn Tharkkan Abu Nasr al-Farabi (Al-pharabius); dilahirkan di Transixiana, dididik oleh seorang dokter Kristen dan penerjemah Kristen dari Baghdad dan hidup sebagai seorang sufi di Aleppo dalam istana Syaf al-Dawlah al-Hamdani. ia meninggal di Damaskus tahun 950 pada usia sekitar 80 tahun. Sistem filsafatnya merupakan campuran antara Platonisme, Aristotelianisme dan mistisisme yang membuatnya dijuluki sebagai "guru kedua" (al-mu'allim al-tasni) setelah Aristoteles. Al-Farabi juga menulis tentang psikologi, politik dan metafisika. Salah satu karyanya yang terbaik adalah Risalah fi Ara Ahl al-Madinah al-Fadhilah (Risalah tentang Pendapat Penduduk Kota Ideal). Karyanya yang lain al-Syiyasah al-Madaniyah (Politik Madani), al Farabi yang terilhami oleh Republic karya Plato dan Politic karya Aristoteles mengungkapkan konsepnya tentang sebuah kota ideal yang ia pandang sebagai organisme hirarkis serupa sturktur tubuh manusia. Dalam konsepnya tentang kota ideal, tujuan dari sebuah organisasi adalah untuk kebahagiaan warganya dan pemegang kedaulatan adalah pihak yang paling sempurna dari sisi moral dan intelektual.

                Tuisan-tulisan al-Farabi yang lainnya menunjukkan bahwa ia adalah seorang dokter dan ahli matematika yang arif, pakar penyakit dalam dan musisi yang handal. Ia dipandang sebagai teoretisi terbesar yang memahami berbagai teori musik Arab.

                Ia juga menulis tiga karya besar yang membahas bidang tersebut, yang paling penting diantaranya  adalah Kitab al-Musiqial-Kabir (Kitab Induk tentang Musik). Diriwayatkan di hadapan shabatnya,  Saft al-Dawlah ia mampu memainkan gambus dengan permainan yang memukau sehingga pendengarnya akan tertawa, menitikan air mata atau tertidur.

                Bahkan alunan musiknya yang terdengar memengaruhi emosi para penjaga istana.

                Setelah al-Farabi adalah Ibn Sina yang pernah dijuluki sebagai ahli kedokteran. Ia  banyak mengadopsi pandangan al-Farabi. Dan karya-karyanya sedemikian bermanfaat. Ibn Sina merupakan pemikir yang sanggup menyatukan berbagai kebijaksanaan sendiri, yang dipersembahkan untuk kalangan muslim terpelajar dalam bentuk yang mudah dicerna. Mulai karya-karyanya, sitem pemikiran Yunani, terutama pemikiran Philo dapat diselaraskan dengan ajaran Islam.