Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Kamis

UNIVERSITAS AL-AZHAR

                         Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir merupakan salah  satu lembaga pendidikan tinggi yang dikenal modern. Lembaga ini menggunakan sistem pendidikan pada akhir ke-10 M oleh Jenderal Jauhar al-Sigli, seorang panglima perang dari Daulah Bani Fatimiyyah pada 972 M. Sebutan al-Azhar merujuk pada nama putri Rasulullah SAW, Fatimah az-Zahra. Universitas ini terhubung dengan masjid al-Azhar. Masjid al-Azhar didirikan pada 969 M. Sementara itu, universitas ini baru mulai dibuka pada bulan Ramadhan atau Oktober 975 M, ketika Ketua Mahkamah Agung, mulai mengajar yurisprudensi yang diambil dari buku Al-Iktishar.

                         Al-Azhar dikenal sebagai lembaga pendidikan yang menerapkan sistem pengajaran modern. Dalam kurikulumnya, terdapat berbagai ilmu agama, hukum Islam, tata bahasa Arab, filsafat, dan logika. Kemudian, berkembang dan mulai mengajarkan bidang ilmu pengetahuan modern dan eksakta. Sejak pusat kebudayaan dan pengetahuan Islam di Kota Baghdad dan Andalusia hancur setelah invasi bangsa Mongol, Universitas Al-Azhar menjadi satu-satunya tempat tujuan para sarjana di seluruh penjuru dunia yang ingin mempelajari Islam dan bahasa Arab. Untuk mendukung peran tersebut, sejak awal universitas ini sudah dilengkapi dengan perpustakaan dan laboratorium.

                         Napoleon Bonaparte juga memberikan pengakuan atas keberadaan Universitas Al-Azhar sebagai sebuah institusi pendidikan Islam terbesar dan modern. Dalam pengasingan di Pulau Saint Helenam, Napoleon menuliskan sebuah catatan harian yang isinya mengungkapkan kekagumannya terhadap Universitas Al-Azhar saat tentaranya melakukan penyerangan ke Mesir. Dalam catatan hariannya ia menyebut Al-Azhar merupakan tandingan Universitas Sorbonne di Paris. Sorbonne merupakan universitas tertua di Prancis. Kemudian, di masa Pemerintahan Ottoman, Al-Azhar tumbuh menjadi sebuah lembaga pendidikan yang mandiri secara finansial dengan sumber pendanaan berasal dari dana wakaf.