Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Kamis

UNIVERSITAS AL-MUSTANSIRIYAH

                Al-Mustansiriyah merupakan salah satu lembaga yang sangat penting di Irak. Nama universitas tertua ini memang tak setenar Al-Azhar di Kairo, Mesir, atau Al-Qarawiyyin di Fez, Maroko. Meski begitu, perguruan tinggi yang dibangun Khalifah Al-Mustansir Billah (1226 M-1242 M) ini turut memainkan peranan penting dalam sejarah peradaban Islam.
                Perguruan tinggi yang namanya masih tetap dijadikan universitas di era modern itu, tercatat sebagai  universitas pertama yang secara konsisten mengajarkan ilmu Al-Qur'an, seni berpidato, serta matematika. Universitas al-Mustansiriyah pun mencatatkan dirinya sebagai perguruan tinggi perintis di Baghdad, yang mampu  menyatukan pengajaran berbagai bidang ilmu dalam satu  tempat.

                Pada awalnya, madrasah-madrasah di Baghdad kerap mengajarkan ilmu tertentu secara khusus. Namun, Khalifah Al-Mustansir Billah menyatukan empat studi penting pada masa itu keempat bidang studi itu, antara lain, ilmu Al-Qur'an, biografi Nabi Muhammad, ilmu kedokteran, serta matematika.

                Kendati lembaga ini baru dibangun pada 1227 M dan diresmikan pada 1234 M, Universitas al-Mustansirinyah termasuk salah satu perguruan tinggi tertua dalam sejarah. Pamor dan popularitas universitas ini mampu menyedot perhatian para pelajar berbondong-bondong datang ke Mustansiriyah untuk mempelajari beragam ilmu pengetahuan.

                Gedung universitas yang dibangun Khalifah Al-Mustansir ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas kebutuhan pelajar, seperti dapur, tempat shalat, kamar tidur, dan tempat mandi. Bangunan universitas ini juga sempat dipugar oleh Sultan Abdul Aziz—Khalifah Turki Usmani ketika kerajaan Islam yang berpusat di Turki itu menguasai Baghdad.

                Gedung dan bangunan Universitas Al-Mustansiriyah yang terletak di tepi kiri Sungai Tigris ini terkenal dengan keindahannya. Namun, kejayaannya tak berlangsung  lama. Setelah Khalifah Al-Mustansir wafat dan digantikan Al-Mu'tasim (1242 M- 1258 M), kekuasaan Dinasti Abbasiyah pun ambruk. Kemudian lembaga ini didirikan pada tahun 1963. Perguruan tinggi ini memiliki 10 fakultas, dua institut, dan empat pusat studi dan kajian, baik bidang agama maupun pengetahuan umum.