Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Rabu

UNIVERSITAS AL-QARAWIYYIN

                Lembaga pendidikan yang terbilang sangat modern dan tertua di dunia setelah berdirinya Nizamiyah adalah Universitas al-Qarawiyyin, di Fez, Maroko. Guiness Book of Record ( Museum Rekor Dunia) mencatat, lembaga ini merupakan perguruan tinggi pertama di dunia yang memberikan gelar kesarjanaan. Gelar itu baru diberikan pada tahun 1998. Menurut Majalah  Time  edisi 24 Oktober 1960, lembaga ini didirikan pada tahun 859 M. Dalam tulisannya, Majalah Time menjuluki universitas  ini sebagai  Renaissance in Fez.

                Pada awalnya, Universitas Al-Qarawiyyin adalah sebuah komunitas Qairawaniyyah, masyarakat pendatang dari airawan, Tunisia di kota Fez (Maroko). Komunitas membuat diskusi-diskusi kecil di sebuah masjid. Dalam perkembangannya, masjid yang berfungsi sebagai tempat ibadah di halakah, banyak diikuti para penduduk sekitar. Akhirnya, semakin meluas hingga menjadi lembaga  pendidikan. Dan materi yang dibahas semakin meluas,  baik  bidang agama maupun umum. Beragam bidang yang disajikan mampu membetot perhatian para pelajar dari berbagai belahan dunia.

                Sejak itulah, aktivitas keilmuan di Masjid Al-Qarawiyyan berubah menjadi kegiatan keilmuan bertaraf perguruan tinggi. Jumlah pendaftar yang berminat untuk menimba ilmu di universitas itu bertambah banyak. Lembaga pendidikan ini pernah melahirkan sejumlah tokoh Muslim kenamaan. Di antaranya, abu Abdullah Al-Sati, Abu Al-Abbas al-Zawi, Ibnu Rashid al-Sabti, Ibnu Al-Haj Al-Fasi, serta Abu Mazhab Al-Fasi, yang memimpin generasinya dalam mempelajari mazhab Maliki. Tak heran bila kemudian, Universitas al-Qarawiyyin ini menjadi perguruan tinggi paling prestisius di abad pertengahan.

                Lembaga ini memiliki peran penting dalam proses pengembangan ilmu pengetahuan di Barat pada abad  ke-15 M. Pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Sylvester II, turut menjadi saksi keunggulan Universitas Al-Qarawiyyin. Sebelum menjadi Paus, ia sempat menimba ilmu di Universitas favorit dan terkemuka ini.