Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

SEJARAH PENEMUAN ALAT MUSIK



Perkembangan musik mengalami perkembangan yang cukup besar pada masa Dinasti Abbasiyah. Perkembangan musik pada saat itu tidak terlepas dari gencarnya penerjemahan risalah musik dari bahasa Arab. Peradaban Islam melalui kitab yang ditulis Al-Kindi merupakan yang pertama kali memperkenalkan kata "musiqi". Al-Isfahani (897-976) dalam kitab Al-Aghani mencatat beragam pencapaian seni musik di dunia Islam.

          Dalam Islam meski terdapat dua pendapat yang bertolak belakang ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan pada kenyataanya, proses penyebaran agama Islam ke segenap penjuru Jazirah Arab, Persia, Turki hingga India diwarnai dengan tradisi musik. Selain telah melahirkan sederet musisi Islam ternama, sperti: Sa'ib (wafat 683 M), Tuwais (wafat 710 M), Ibnu Mijjah (wafat 710 M), Ishaq Al-Mausili (767-850) serta Al-Kindi (800-877), perbedaan Islam telah berjasa mewariskan sederet instrumen musik yang terbilang penting bagi masyarakat musik modern.

Berikut  adalah alat musik yang diwariskan musisi Islam di zaman kekhalifahan dan kemudian dikembangkan musisi Eropa pasca-Renaisans.
·         PIANO
Hurdy Gurdy bisa dibilang sebagai nenek moyang musik piano. Alat musik ini juga warisan peradaban Islam pada zaman kekhalifahan. Menurut Marianne Broker dalam bukunya menyebutkan bahwa instrumen musik  yang mirip hurdy gurdy pertama kali disebut dalam risalah musik. Manuskrip ini ditulis oleh  Zirikli pada abad ke-10 M.

·         GITAR
Menurut Maurice J Summer field dalam bukunya The Classical Guitar, It's Evolution, Player and Personalities since 1800 menyebutkan bahwa gitar modern merupakan turunan dari musik berdawai empat yang dibawa oleh masyarakat Muslim setelah Dinasti Umayyah menaklukkan semenanjung Iberia pada abad ke-8. Oud kemudian berkembang menjadi kecapi modern.

·         OUD
Alat musik Oud juga populer di wilayah Azerbaijan. Masyarakatnya menyebut alat musik petik dengan Ud. Masyarakat Eropa mengenal alat musik Oud pada 711 M. Alat musik petik khas umat Islam ini hampir sama dengan Pandoura yang dikembangkan peradaban Yunani atau Pandura alat musik bangsa Romawi. Pemain Oud terkenal di Andalusia yaitu Zyriab. Dia tercatat sebagai pendiri sekolah  musik pertama di Spanyol. Menurut Al-Farabi cendekiawan Islam yang juga musisi terkenal era keemasan Oud ditemukan oleh Lamech cucu ke-6 Nabi Adam.

·         ALBOKA dan ALBOQUE
Keduanya merupakan alat musik dari kayu yang berkembang di era keemasan Islam. Alboka atau alboque berasal dari bahasa Arab 'al-buq' yang berarti terompet. Ini merupakan cikal bakal Klarinet dan terompet modern. Menurut Henry George Farmer (1998) dalam Historical facts for the Arabian Musical Influence. Instrumen musik Alboka dan alboque digunakan oleh musisi Islam pada masa kejayaan. Instrumen musik tiup itu diperkenalkan umat Islam kepada masyarakat Eropa pada saat pasukan Muslim dari Jazariah Arab berhasil menaklukkan Semenanjung Iberia.